Makanan Khas Sunda Tradisional Yang Melegenda, Yuk Coba!

Makanan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis makanannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu dari rempah – rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, dan gula aren dengan diikuti penggunakan Teknik masak yang beragam.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kergaman makanannya adalah Jawa Barat, daerah yang dikenal dengan nama Tanah Sunda ini memiliki banyak makanan khas yang sampai sekarang masih banyak ditemukan bahkan di berbagai daerah.

Tak heran, Jawa Barat banyak dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner bagi banyak orang. Lalu, apa saja sih makanan khas Sunda yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat? Yuk simak di bawah ini.

1.Karedok

Karedok

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang sekilas mirip dengan gado – gado. Banyak yang mengira karedok berasal dari Jakarta, padahal karedok adalah makanan asli Sunda yang memang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Karedok sendiri menyajikan berbagai sayuran dengan saus kacang tanah yang pedas dan bisa menggugah selera.

Karedok ini disajikan dari sayuran mentah yang tidak diolah namun sehat untuk disantap, khususnya bagi kalian yang sedang menjalani program diet. Karedok sendiri memiliki rasa yang unik karena adanya perpaduan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu.

Sayur – sayuran yang digunakan untuk membuat karedok juga cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang – kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya.

Ada perbedaan antara gado – gado dengan karedok. Jika gado – gado masih menggunakan sayuran yang sudah direbus, karedok masih menggunakan sayuran yang masih mentah.

Di Sunda, orang yang menyebut karedok dengan nama lotek atah yang berarti lotek mentah. Karedok paling enak disantap Bersama dengan nasi panas, tempe, tahu, dan kerupuk.

2.Bakakak Hayam

Bakakak Hayam

Bakakak hayam merupakan menu masakan unggulan yang mudah dijumpai di tanah Sunda. Sebagai makanan khas Sunda beberapa orang mungkin menganggap nama makanan ini lucu dan unik, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mendengarnya.

Sebagian besar masyarakat Sunda khususnya daerah Pandeglang, bakakak hayam digolongkan menjadi makanan yang digunakan untuk kegiatan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan, dan upacara adat lainnya.

Bakakak hayam sendiri merupakan masakan yang menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberikan bumbu khusus bercita rasa Sunda yang kemudian diolah dengan cara dipanggang.

Ayam yang disajikan merupakan satu ekor ayam utuh sehingga bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus, hampir mirip seperti ayam ingkung.

Bakakak hayam bisa disajikan Bersama dua macam pilihan sambal, seperti sambal merah dan sambal hijau. Selain sambal, bakakak hayam juga lebih special jika dinikmati Bersama dengan lalapan sayur.

3.Empal

Empal

Empal atau gepuk daging sapi merupakan makanan yang sangat terkenal di daerah Sunda, Jawa Barat. Makanan ini bahkan juga menjadi salah satu menu makanan wajib yang banyak tersaji di restoran – restoran Sunda.

Sesuai Namanya, makanan ini dibuat dari sayatan – sayatan tipis daging sapi yang dipukul – pukul alias digepuk sampai gepeng dan dimasak Bersama lumuran bumbu bercita rasa manis.

Setelah daging gepeng dan dibumbui, proses berikutnya adalah dengan mengungkep daging hingga bumbu meresap sampai ke tiap serat daging.

Daging yang sudah diungkep biasanya memiliki tekstur yang empuk. Setelah daging bertekstur empuk, empal akan digoreng hingga kering atau bisa langsung disantap tanpa harus digoreng lagi.

Hidangan ini memang banyak dijual di restoran, rumah makan, dan bahkan di pedagang kaki lima. Hidangan empal ini juga cocok disantap kapanpun dan dimana pun.

Apalagi jika ditemani dengan nasi hangat, sambal segar, dan bahan pelengkap lain seperti taburan bawang goreng dan kerupuk.

Nah, itulah beberapa makanan khas Sunda yang harus kalian ketahui dan coba saat kalian sedang pergi ke daerah Sunda. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...