Makanan Khas Betawi yang wajib kamu coba!

Makanan khas Betawi adalah makanan yang berasal dari daerah Jakarta. Makanan di wilayah ini dipengaruhi oleh budaya lain seperti Cina, Eropa bahkan Arab. Makanan khas Jakarta merupakan bukti akulturasi budaya antara budaya asli Indonesia dengan budaya asing.  

Namun, makanan Betawi kebanyakan biasanya tetap mengutamakan bumbu khas yang menjadi ciri khas makanan Indonesia.

Sama Seperti daerah lainnya, Jakarta juga mempunyai kuliner khas yang bisa Anda nikmati saat datang ke ibu kota. Nah, jika kalian berencana untuk datang ke Jakarta, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi makanan khas Betawi yang tidak boleh kalian lewatkan.

 1.Semur Jengkol

Semur Jengkol

Jengkol adalah salah satu bahan masakan di Indonesia. Jengkol sendiri mempunyai aroma yang menyengat serta punya rasa yang sedikit pahit membuat banyak orang tidak menyukai makanan ini.

Namun, kalau bisa diolah dengan baik, jengkol sebenarnya dapat menjadi makanan yang enak. Salah satu olahan jengkol tersebut adalah rebusan jengkol.

Siapa sangka jika makanan rumahan ini masuk dalam masakan khas daerah Betawi, memasak semur jengkol tidaklah sulit.

Anda hanya perlu memasak jengkol seperti memasak semur lainnya. Namun, menambahkan bumbu pada semur jengkol biasanya lebih untuk meminimalkan aroma yang tidak sedap. Makanan ini cocok sebagai pendamping nasi putih hangat atau nasi uduk.

 2.Nasi uduk

Nasi uduk

Salah satu makanan khas Betawi adalah nasi uduk, meski makanan ini bisa ditemukan di mana-mana, nyatanya nasi gurih dengan berbagai lauk ini berasal dari daerah Betawi.

Yang membedakan adalah rasa asin dari nasi yang didapat dari santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai yang juga dicampur dengan nasi saat menanak nasi.

Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe kering, telur goreng dan sambal, serta sejumput bawang goreng yang membuat masakan ini semakin nikmat.

Nasi uduk cocok untuk sarapan pagi karena mengenyangkan sehingga bisa dijadikan sebagai cadangan energi untuk aktivitas hari ini.

 3.Gado gado

Gado gado

Makanan yang satu ini tidak hanya menjadi favorit orang Betawi saja, tetapi masyarakat di daerah lain juga menyukainya Gadogado cocok untuk mereka yang mengurangi konsumsi daging atau produk hewani lainnya.Tak jarang mereka juga menyebutnya rujak tradisional.

Gadogado terdiri dari berbagai macam sayuran, mulai dari kacang panjang, tauge, kangkung, kol, dan sayuran lainnya.

Seperti kuahnya, masakan ini ditaburi sambal kacang sehingga rasanya manis dan asin menurut bahasa Indonesia. Ada juga yang menambahkan gadogado pada tempe, tahu, dan telur rebus. Makanan ini cocok dijadikan menu makan siang, selain mengenyangkan juga menyehatkan.

Gado – gado juga sangat mudah ditemukan di berbagai tempat mulai dari restoran hingga kaki lima.

 4.Lontong Sayur

Lontong Sayur

Makanan familier berikutnya yang juga menjadi makanan khas Betawi DKI Jakarta adalah farong sayur, biasanya makanan ini dihidangkan saat Idul Fitri dengan tambahan ayam sebagai lauk pengiringnya.Di Jakarta, di pagi atau sore hari, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual sayur.

Makanan ini berasal dari longong yang ditaburi kuah sayur yang berasal dari santan dan berbagai bumbu yang membuat rasanya semakin kuat.

Dalam kuahnya, campur irisan pepaya muda yang membuat masakan ini unik dan menggugah selera, bisa juga ditambahkan kerupuk dan suir ayam, biasanya sayur longong ini dimakan di pagi hari untuk menu sarapan.

 5.Jalabia

Jalabia

Jalabia Jalabia Jalabia Kue ini mirip dengan kue gemblong sunda, namun adonan Jalabianya menggunakan ketan hitam dan campuran kelapa parut.

Dalam pembuatannya, kue jalabia berbentuk seperti donat.Hanya saja ukurannya lebih kecil karena tidak mengembang seperti donat.

Setelah matang, jalabia akan direndam dalam gula merah cair, gula merah inilah yang memberi rasa manis pada jalabia.

Karena dibuat dari ketan, teksturnya kenyal dan campuran parutan kelapanya bikin enak, makanan ini cocok untuk minum teh atau kopi di pagi atau sore hari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Betawi yang harus kalian coba makan saat kalian berkunjung ke daerah Jakarta. semoga bermanfaat dan berguna.

Anda mungkin juga suka...